Bagi anda yang merupakan penggemar motor bebek, tentu sudah pernah mendengar Honda Super Cub bukan? Super Cub dari Honda ini sendiri merupakan motor bebek paling legendaris yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu saja, motor inipun ternyata mempunyai sejarah cukup panjang. Walaupun sudah ada sejak lama, tetapi masih banyak penggemar setianya.
Bahkan tidak sedikit para penggemar motor antik mengoleksi motor satu ini demi merasakan sensasi berkendara dengan motor bebek jadul. Pada tahun 20017 sendiri, tercatat sudah ada 100 juta Super Cub dimana diproduksi oleh Honda. Angka tersebut membuat motor tersebut sebagai kendaraan roda dua paling banyak diproduksi oleh pabrikan.
Sepeda motor satu ini sudah diproduksi secara terus menerus sejak tahun 1958 hingga sekarang. Di tahun 2014 sendiri sudah tercatat ada lebih dari 87 juta unit motor yang diproduksi oleh Honda ke seluruh dunia. Sebelum tahun 2017, jumlah tersebut menjadi produksi yang cukup banyak.
Pada awalnya, para pemimpin Honda (1956) sedang melakukan kunjungan ke benua Eropa dan kemudian melihat sebuah ide ada disana, dimana terdapat potensi jenis motor kompak untuk bisa berkembang. Riset demi riset pun mereka lakukan hingga mampu menyajikan motor yang mempunyai kepraktisan tingkat tinggi, perawatannya yang mudah hingga memberikan kenyamanan ketika dikendarai.
Mesin 4-tak menjadi inovasi pada masa itu. Honda memang bukan yang pertama kali mengaplikasi inovasi tersebut pada motor roda dua, tetapi untuk jenis bebek, perusahaan itulah yang pertama kali. Mesin tersebut adalah unit 1 silinder 49 cc dengan kemampuannya untuk memproduksi daya 4,5 daya kuda.
Adapun tujuan penggunaan mesin tersebut cukup unik. Takeo Fujisawa, salah satu foundernya ingin mesin serta knalpot dengan suara yang lebih asyik ketika didengar. Bahkan mesin 4 tak memiliki kemampuan buat mengakomodir itu dibandingkan dengan 2 tak.
Sudah tahu bagaimana sejarah singkat Honda Super Cub? Ternyata terdapat pula sejumlah fakta unik dibalik keberadaan motor bebek tersebut. Bagi anda yang penasaran, berikut ini penjelasan lengkapnya.
Kopling sentrifugal semi otomatis yang dibuat Honda memang tergolong baru pada saat itu. Faktanya adalah terdapat 8 versi kopling sentrifuga sekaligus. Kopling tersebut tidak boleh tersambung ketika posisi motor berhenti dan harus bisa tersambung secara otomatis ketika kick start.
Menemukan roda 17 inci saat itu memang tidaklah mudah seperti sekarang. Sebab pada saat itu, motor bebek di Eropa menggunakan roda dengan ukuran 24 dan 26 inci. Hal tersebut tentu membuat khawatir apabila tidak bisa mengakomodasi orang jepang dimana memiliki tubuh lebih pendek. Itulah mengapa Honda Super Cub mengeluarkan roda 17 inci.
Fakta unik lainnya mengenai motor cup tersebut adalah iklan yang dibuat oleh perusahaan tersebut masuk ke dalam majalah wanita. Sebab pada saat itu, sepeda motor hanya identik dengan laki-laki, itulah mengapa Super Cub diciptakan buat mendobrak imej tersebut.
Dengan desainnya yang dibuat semenarik mungkin serta dipromosikan melalui majalah wanita, maka membuat siapapun bisa mengendarai motor. Dimana motor menjadi era baru wanita dengan gaya hidup independen dan aktif.
Motor bebek yang berasal dari Honda ini memang mampu menawarkan sesuatu yang cukup unik dan masih popular hingga sekarang. Namun , apakah anda sudah tahu bagaimana sejarah serta fakta Honda Super Cub?